Dibangun oleh Ken Budha Kusumandaru untuk Perwakilan Indonesia pada ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights Januari 2015 Follow @kenndaru Like my FB page https://www.facebook.com/Shangrila.TheHiddenCity

Siaran Pers: Seleksi Nasional AICHR Youth Debates on Human Rights 2015

AC-Indonesia-34 1

Pasal 4.3 Terms of Reference (TOR) ASEAN Intergovernmental Commission on Human Rights (AICHR), memandatkan AICHR untuk meningkatkan kesadaran publik mengenai HAM melalui pendidikan, penelitian, dan penyebaran informasi. Setelah pengesahan ASEAN Human Rights Declaration (AHRD) dan Pnom Penh Statement on the Adoption of the AHRD tahun 2012, AICHR kembali menyelenggarakan AICHR Youth Debates on Human Rights di Singapura, 4 – 6 September 2015. Dalam kegiatan ini, para pemuda dari sepuluh negara anggota ASEAN akan saling bertukar pandangan dan berbagi pengalaman mengenai HAM serta memahami peran ASEAN dan AICHR di kawasan dalam pemajuan dan perlindungan HAM.

Sehubungan dengan hal tersebut, para Wakil kesepuluh negara anggota ASEAN untuk AICHR diminta menominasikan 3 (tiga) pemuda/i sebagai perwakilan nasional untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Untuk itu, AICHR Indonesia akan menyelenggarakan seleksi nasional AICHR Youth Debates on Human Rights bagi mahasiswa Indonesia dengan topik dan ketentuan sebagai berikut :  

Topik

  1. The primary human right is the right to good governance
  2. Young people in ASEAN today do not care about human rights
  3. The ASEAN Human Rights Declaration is an useful document for the development of human rights in the region
  4. The death penalty acts as an effective deterrent (alt: The death penalty has outlived its usefulness)
  5. The protection of human rights is always more important the promotion of human rights

Syarat dan Ketentuan

  1. Seleksi ditujukan bagi peserta perorangan.
  2. Peserta adalah WNI, masih aktif sebagai mahasiswa S1 atau diploma di perguruan tinggi Indonesia.
  3. Peserta mengisi formulir registrasi.
  4. Peserta mengirimkan esai berisi argumentasi dalam Bahasa Inggris dari salah satu topik yang dipilih, sepanjang maksimal 5 halaman A4, huruf Arial 11, spasi 1,5, dan margin 3-3-3-3.
  5. Peserta mengunggah video berisi pemaparan argumentatif dalam Bahasa Inggris sesuai esai ke laman youtube.
  6. Peserta mencantumkan alamat video di dalam formulir registrasi dan menautkannya pada akun twitter AICHR Indonesia (@IndoAICHR).
  7. Esai dan formulir registrasi yang telah mencantumkan link video youtube dikirimkan paling lambat tanggal 7 Agustus 2015 via email kepada:

          Almira Devayanti (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.),
          Rikianarsyi Arrassydinta NW (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.), dan
          Rifat Fachir (Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.)

  1. Peserta hanya boleh memilih satu topik dan mengirimkan satu esai dan video.
  2. AICHR Indonesia akan memilih 3 (tiga) peserta terbaik untuk diikutsertakan sebagai wakil Indonesia pada Debat Pemuda mengenai HAM tingkat ASEAN di Singapura pada tanggal 4 - 6 September 2015, dengan biaya akomodasi dan tiket internasional pergi-pulang akan ditanggung AICHR.
  3. Sebelum keberangkatan ke Singapura, ketiga peserta terpilih akan diundang ke Jakarta untuk mendapat briefing dari Wakil Indonesia untuk AICHR pada awal Agustus 2015, dengan biaya transportasi dan akomodasi peserta di luar Jabodetabek ditanggung panitia.

Untuk keperluan informasi selanjutnya dapat menghubungi Sdri. Almira Devayanti atau Rikianarsyi Arrassyidinta melalui no telepon 344-1508 ext. 4537 dan Sdr. Rif'at Fachir melalui no telepon 314-3015 serta melalui twitter @IndoAICHR.

Formulir Registrasi untuk event ini dapat diunduh di sini.

Facebook Posts

ASEAN Youth Art